Pengalaman Tes Diklat Profesi Fisikawan Medis Batch IV dan Batch V



Akhirnya "utang" nulis pengalaman tes diklat profesi fisikawan medis yang pernah aku ikuti terbayar sudah. Mohon maaf ya, baru bisa menyempatkan menulis. 

Semoga yang sedikit ini, bisa memberikan gambaran bagi kalian para lulusan S1-Fisika dengan bidang minat fisika medis yang ingin mengikuti diklat peofesi.

Lets Read !


BATCH IV

Sebelumnya cerita singkat dulu ya, aku ikut tes diklat profesi total 2x. Yang pertama batch IV yang dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2019. Seorang newbie, bermodalkan insting akan materi tes yang akan keluar pada waktu ujian masuk.

Materi yang diujikan kala itu adalah Fisika Modern, Fisika Inti, dan Fisika Radiologi. Berbekal belajar materi dari internet, dan catatan kuliah yang masih aku simpan. Yah, sesederhana itu aku menyiapkan tes batch IV. 

Lucu ya? padahal udah tahu kalau gak tahu kondisi lapangan, soal-soal tes diklat profesi juga milik internal pihak kampus UI. Jadi, benar-benar seperti orang yang mau berperang tapi gak tahu medan perang, ekekeke.

Ya sudah, 27 Juli 2019 ketika pengumuman hasil tes diumumkan oleh panitia, aku GAGAL. Aku TIDAK LOLOS tes seleksi masuk. 

Sedih? galau? resah?
Ah, aku memberikan mindset pada diriku sendiri,

"Tak apa Khusnul, one try kan? mungkin belum rejeki. Coba lagi yuk di batch V, masih ada harapan kok kalau kamu benar-benar mau berjuang.."

Oh ya, aku menyusun timeline sendiri perihal tes seleksi batch V dengan mengacu pada jadwal tes batch III, yaitu Januari 2019. Mungkin jadwal tes seleksi batch V akan dilaksanakan Januari 2020, pikirku.

KET : gambar rangkuman materi yang aku dapat dari internet dan juga catatan kuliah S1 yang masih ku simpan. HEHE, suka malu sendiri kalau ingat hanya seadanya saja menyiapkan materi persiapan tes batch IV.

BATCH V

Sejak dinyatakan tidak lolos seleksi tes bath IV, aku segera menyusun timeline belajar sebagai persiapan tes batch V. Aku pun memilih untuk sementara waktu ketika persiapan tes batch V, aku berada di Surabaya, ngekos lagi, hehe. 

Aku hanya ingin fokus belajar demi persiapan tes, dan aku rasa Surabaya adalah tempat yang cocok bagiku untuk mempersiapkan "tes kedua" ini. 

Terhitung sejak bulan September 2019, aktivitas keseharianku, senin-jum'at mulai pagi-sore hari ya belajar di perpustakaan. Hingga si bapak penjaga perpustakaan agak sensi ke saya sepertinya? haha. 

Seseorang yang  rutin ke perpustakaan, yang selalu pake kartu IKA alumni, haha. Kan, kartu IKA alumni kagak ada fotonya tuh ya?, sampe beneran ditanyain dah, aku nya beneran alumni UNAIR apa kagak. 

Astagfirullah bapak, maafkan aku kala itu sempat sebal ketika kau menanyakan padaku seolah aku bukan alumni kampusku menimba ilmu ini. Tapi, makasih bapak sudah mengizinkan saya belajar di tempat belajar yang nyaman selama 3,5 bulan, hehe.


Back to topic !

Sebelum panitia mengumumkan pendaftaran diklat profesi fisikawan medis batch V pada awal bulan November 2019. Aku telah belajar persiapan tes batch V sejak September 2019, dengan asumsi materi tes yang akan diujikan bakalan sama seperti batch IV, yaitu Fisika Modern, Fisika Inti, dan Fisika Radiologi.


Gambar di atas merupakan kumpulan materi yang aku persiapkan untuk menghadapi tes batch V (sebelum pengumuman perubahan materi TES oleh panitia seleksi). Oke, aku akan kasih penjelasan satu-persatu.

1. Catatan Kuliah : Catatan kuliah yang aku maksud adalah, semua catatan kuliah yang aku dapatkan sejak aku mulai memantapkan hatiku bahwa aku akan serius menekuni dunia fisika medis. Catatan kuliah tersebut aku kumpulkan sejak semester 6, tahun 2017. 

Oh ya, aku telat 1 tahun dalam mengambil kuliah peminatan fisika medis karena aku mengambil cuti kuliah di semester 4 karena pemulihan pasca kecelakaan. Sedangkan di UNAIR, kuliah peminatan fisika medis baru bisa diambil di semester 4. Khusus bagiku semester 4 = semester 6, hehe. 

Lagi nih ya, ada beberapa dosen yang mengajar mata kuliah Fisika Medis di UNAIR tidak suka membagikan ppt materi kuliah. Jadi, ya mau tidak mau kita sebagai mahasiswanya harus mencatat agar memiliki catatan materi kuliah, hehe.

Catatan kuliah yang ku miliki meliputi ; Pendahuluan Fisika Radiologi, Pendahuluan Fisika Radioterapi, Perencanaan Radioterapi, Fisika Kesehatan, Radiobiologi, Praktikum Fisika Pencacahan, dan Praktikum Fisika Radiodiagnostik. 


2.a. Latihan Soal : Latihan soal ini aku dapatkan dari soal-soal yang aku dapat dari internet dengan cara mengingat-ngingat soal apa saja yang keluar pada waktu ujian masuk diklat batch IV lalu. Ada juga beberapa soal yang aku dapat pada waktu kuliah S1 ku sih, hehe. 


2.b. Rangkuman Materi : Buku ini merupakan rangkuman materi-materi yang aku susun bersama teman belajarku untuk persiapan tes batch V. Oh iya, aku rutin seminggu sekali belajar bersama di perpustakaan membahas soal-soal dan juga materi, ah ya sharing materi lah intinya. 

Sejujurnya banyak isi dari rangkuman materi ini berasal dari buku paket dasar-dasar proteksi radiasi  yang aku dapat dari memfotokopi milik seorang fismed dari tempat aku PKL dulu. Hanya, aku lebih suka menuliskan kembali dengan bahasaku sendiri dan juga dengan bahasa yang jauh lebih ringkas.

Dengan menuliskan kembali, aku melatih kemampuan pemahamanku perihal materi yang telah aku pelajari, - gitu sih pikirku.


3. Buku Paket : Dasar-dasar Proteksi Radiasi : Buku paket karangan Drs. Mukhlis Akadi yang diterbitkan oleh PT Rineka Cipta dan dicetak oleh PT Asi Mahasatya, Jakarta. Buku dengan bahasa yang cukup mudah mengerti, sangat membantuku memahami materi-materi dasar radiasi.


4.a. Latihan Soal Energi  Ikat : Aku masih ingat, ada salah satu soal tes diklat batch IV mengenai energi ikat inti. Dan apesnya, aku enggak bisa mengerjakan soal tersebut, haha. Oleh karena itu, aku berusaha mencari contoh-contoh soal beserta kunci jawaban dari internet.


4.b. Modul dari Internet : Aku lebih suka belajar dengan mencoret-coret buku. Oleh karenanya, aku terkadang lebih memilih mencetak modul atau ebook kuliah.Ya biar bisa ku coret-coret sih, aku lebih suka membaca buku sebagaimana wujud buku, 

Namun semua berubah pasca pengumuman perubahan materi,...

Sore hari, tanggal 19 November 2019, aku mendapat email  dari panitia yang menginfokan perubahan materi tes. Dari yang semula 2 materi yang diujikan yaitu, Fisika Inti dan Fisika Radiologi menjadi 5 materi tes yang meliputi ; Fisika Radiologi dan Dosimetri, Radiobiologi, Radioterapi, Fisika Pencitraan Medis dan Kedokteran Nuklir.

W.O.W
Panas dingin setelah mendapat pengumuman tersebut. Terhitung sisa 22 hari, ah ya salah 21,5 hari kan diumuminnya sore hari.

Ya sudahlah, cukup 0.5 hari menggalau ria karena materi tes dirubah. Tapi, jika aku hanya berpangku tangan, ya tetap tidak akan ada perubahan.

Aku mulai gencar mencari bala bantuan, menghubungi kakak tingkat kuliah yang sedang kuliah S2 Fisika Medis di UI. Karena, ada 2 materi tes yang tidak aku dapatkan atau belum diajarkan pada waktu kuliah S1 ku, Kedokteran Nuklir dan Fisika Pencitraan Medis. 

Alhamdulillah, aku diberikan beberapa ebook yang bisa aku pelajari sebagai bekal persiapan tes. Tidak berhenti di situ, aku juga mencari kontrak perkuliahan kuliah S1 Fisika Medis UI di internet. Kenapa? karena, materi tes yang masih terlalu luas, aku perlu penyederhanaan materi yang harus aku pelajari.

Tidak menemukannya sih, tapi aku berhasil menemukan kontrak perkuliahan  S1 Fisika Medis UNDIP (Universitas Diponegoro) . Oh ya, aku ingat dosenku pernah bilang jikalau Kiblat kuliah Fisika Medis di Indonesia adalah UI dan UNDIP. Ya sudah, tak dapat kontrak perkuliahan UI, UNDIP juga sudah cukup ko, pikirku. 

Udah, sampe gitu aja? ya tidak lah.
Aku juga mencari soal-soal latihan di internet yang bisa aku buat sebagai latihan soal. Kalau pake keyword bahasa Indonesia susah dapatnya. Alhasil, 3 materi tes yaitu Radiobiologi, Kedokteran Nuklir, dan Fisika Pencitraan Medis dapatnya soal bahasa Inggris ekeke.


1. Rangkuman ebook bhs Inggris : Awalnya aku ingin belajar dengan membuat rangkuman materi buku Podgorsak untuk materi Radioterapi dan ebook yang ku dapat dari kakak tingkatku perihal materi Fisika Pencitraan Medis. Namun, sepertinya dengan waktu  yang  cukup singkat, aku perlu cara belajar lain.


2. Print Out Modul Kuliah : Radiobiologi & Kedokteran Nuklir : Ketika aku mendapatkan ebook yang berupa modul perkuliahan S2 Fisika Medis, aku langsung mencetaknya. Lagi, aku lebih suka membaca buku selayaknya dengan wujud buku, hehe. Aku menargetkan selesai baca 1 ebook dalam waktu 1 hari. Entahh dari  pagi, siang, sore atau bahkan malam hari. Pokoknya harus selesai 1 hari.

Setelah, selesai baca modul tersebut aku butuh materi lain dong ya buat belajar. Ah, aku selalu merasa dikejar waktu pokoknya kala persiapan tes, itu tak bagus sih. Ketenangan hati menjelang tes juga perlu dikondisikan hehe.


 3. Rangkuman materi sesuai kontrak kuliah Fisika Medis UNDIP : Rangkuman materi yang ku buat sesuai dengan kontrak perkuliahan Fisika Medis UNDIP hanya Radiobiologi, Fisika Pencitraan Medis, dan Kedokteran Nuklir.

Oh iya, tak berhenti di situ saja, aku juga mencari bala bantuan kiranya ada yang punya kenalan mahasiswa Fisika Medis UNDIP yang bisa ku mintai perihal ppt materi perkuliahan di sana. Gak pa2, meskipun hanya materi perkuliahan Radiobiologi. Euy, aku percaya sekecil apapun itu, hal tersebut merupakan puzzle mimpiku di masa yang akan datang.

Hey, hanya baca materi itu tak cukup bagiku. Aku harus juga latihan soal, mengingat selama ini metode belajarku adalah sering-sering latihan soal, maka aku akan tak seberapa kaget ketika menghadapi soal-soal tes.


 4. Kumpulan Soal : Oke, mulailah fase berburu soal-soal di internet. Oh ya, aku mengumpulkannya menjadi sebuah buku gitu sih, sekitar 78 halaman. Untuk soal-soal yang bahasa indonesia itu didapatkan dari teman belajarku. Sedangkan yang bahasa inggris, aku yang mengumpulkannya.


Begitulah kiranya tampilan rupa buku kumpulan latihan soal yang aku buat. Untuk materi Radiobiologi tidak ada kunci jawabannya, aku hanya mendapatkan soal-soalnya saja. Hal inilah yang membuatku harus belajar menggunakan laptop, karena aku butuh mencari jawaban dari internet. Baik itu ppt, ebook, jurnal penelitian, artikel ilmiah. Ah ya, aku juga butuh google translate untuk membantu memahami secara cepat, haha.

Sedangkan, materi Fisika Pencitraan Medis dan Kedokteran Nuklir memang kebetulan aku mendapatkan soal-soal yang sudah tertera kunci jawabannya. Namun, aku lantas tidak langsung memercayai atau meyakini jawaban tersebut benar. Aku juga harus mengoreksi akan kebenaran kunci jawaban tersebut. Baru kalau sudah aku cari-cari tapi tetap juga tidak menemukan jawabannya, ya udahlah ya.. Biarlah husnudzan yang berperan, hua.

Oh ya, aku pun juga menemukan semacam tes online yang gratis gitu di internet. Hanya untuk materi radiobiologi sih, ini link website nya : https://www.proprofs.com/quiz-school/story.php?title=radiobiology-final-review .

The Day - 14 Desemmber 2019


Yang aku garisbawahi adalah, waktu pengerjaan soal tes. 4 jam cuy.. itu soalnya berapa ya? model soalnya macam apa ya?. Astagah... aku gerogi sebelum tes berlangsung dah.

Tapi ternyata, tes diklat dijadikan menjadi 2 sesi, karena mengingat ruangan ujian yang terbatas untuk peserta ujian. Pukul 09.00-10.00 adalah sesi ujian materi Radiobiologi dan Fisika Radiologi & Dosimetri untuk peserta ujian kloter pertama. Pukul 10.15-11.15 adalah untuk peserta ujian kloter kedua.

Pukul 11.25-13.05 adalah sesi ujian materi Radioterapi, Fisika Pencitraan Medis dan Kedokteran Nuklir untuk peserta ujian kloter pertama. Nah, selanjutnya untuk peserta ujian kloter kedua. Aku gak tahu jam pastinya, soalnya aku ujian kloter pertama, abis ujian aku langsung  menyingkir dari ruangan soalnya haha.

Gimana sensasinya?
Btw, aku nih galaunya bertingkat-tingkat..

Pertama, galau sebelum tes gegara hanya tersisa 3 minggu buat mempersiapkan materi tes yang baru.

Kedua, galau saat tes berlangsung..eh ini beneran tau. Aku pas tes sempat nangis, tapi segera aku hapus gegara malu sama pengawas ujian. Lah iya, aku duduk di depan sendiri, ya ketahuan dong kalau nangis entar haha. Akhirnya, aku malah nangis ketika menunggu bapak grab, gak tahu deh, ngerasa aku tuh gak bisa banget mengerjakan soal-soal tes yang sesi kedua. 

Aku merasa yang aku pelajari masih teramat dasar banget, sedangkan materi tesnya udah aplikatif semua, hua. Sempat pesimis bisa lulus tes, lah iya dari soal-soal yang ada di sesi kedua, kurang dari 10 soal yang aku yakin jawabanku itu benar, Hum..

Terus aku ngerjainnya pake apa? Pake ilmu logika aja sih, kayaknya ini deh, eh gak mungkin dong jawabannya yang ini. Se-gak bisanya aku dalam ujian apapun, aku tetap tidak bisa namanya mengawur jawaban, haha. Itu bukan keahlianku, sekalipun jawabannya enggak nyambung sepertinya karena emang kurangnya kemampuanku. Setidaknya jawaban tersebut telah melalui proses berpikir, hehe.

Ketiga, H-1 pengumuman aku galau parah dong. Udah tuh pikiran syaiton-syaiton yang jelek menghampiriku, kalau gak lolos gimana ya? aku ngapain ya kalau gak lolos? . Gak mood makan juga, udah pokoknya galau segalau-galaunya.

Akan tetapi, 

semua terbayar lunas ketika nomor pesertaku tercantum di website. Hey.. aku lolos. 
Kaget, dan tidak percaya, akhirnya aku bisa lolos di percobaan keduaku, ah Makasih Tuhan. 

Dari pengalaman tes diklat batch IV dan batch V aku belajar 1 pelajaran penting dalam hidup.

"Tidak ada yang tidak mungkin jikalau kamu bersama Tuhan. Kamu tidak berjuang sendiri, kamu berjuang bersama-Nya. Yakinlah, apapun yang telah digariskan untukmu, akan tetap menjadi milikmu."

Oh ya untuk teman-teman, makasih yang udah menyempatkan membaca curhatan gak jelasku ini, hehe. Maaf jika banyak spoilernya ya?. Untuk kalian yang ingin ikut tes diklat di batch selanjutnya, selalu pantengin website panitia ya, udah tahu kan? 


Calon Fisikawan Medis jelas sudah hapal di luar kepala nama website tersebut sepertinya, haha.

Dan, untuk kalian yang ingin meminta softfile materi belajarku harap komen email kalian di blog ini ya guys
Aku hanya bisa membagikan materi yang berupa softfile yang aku dapat dengan berselancar di internet. 

Untuk ebook atau ppt yang aku dapat dari kakak tingkatku yang kuliah S2 di UI dan ppt Radiobiologi yang aku dapat dari mahasiswa UNDIP, mohon maaf ya aku tidak bisa membagikannya. Hal tersebut perihal perizinan dari pihak terkait, jadi aku memilih membagikan materi yang aku dapat dengan hasil pencarianku di internet saja. 

Dan satu lagi, jangan hanya belajar dari materi belajarku saja. Karena materi-materi  tersebut masih terlalu dasar. Kalian gak mau kayak aku nangis selepas tes karena gak bisa mengerjakan soal-soal ujian karena kurang banyak persiapan belajarnya kan?

Jangan patah semangat, kalian tidak berjuang sendirian ko. Ada Tuhan yang selalu membersamai.


Mohon kritik dan sarannya ya.

NOTED : Sejak dibukanya Pendidikan Profesi Fisikawan Medik di Universitas Diponegoro (UNDIP) tahun 2022, maka dengan itu semua diklat Fisikawan Medik ditiadakan. Untuk pendaftarannya, silahkan cek di website UNDIP. 

Seperti biasa pendaftaran ini hanya utk lulusan kampus anggota AIPFMI. Jadi, solusi untuk lulusan kampus NON AIPFMI bagaimana?. Diharuskan lanjut S2 Fisika Medis di salah satu kampus AIPFMI, baru bisa mendaftar Pendidikan Profesi Fisikawan Medik.


Tulisan lain ;

- Pengalaman Diklat Profesi bisa dibaca di link ini : https://www.khotimahk87.my.id/2021/01/pengalaman-diklat-profesi-fisikawan.html?m=1



Selamat membaca

NB : Silahkan komen saja email kalian di komentar di bawah. Sekalipun saya tidak membalasnya, akan saya kirimkan linknya melalui email. Komentar di postingan ini batasi, jadi saya tidak bisa lagi membalas komentar kalian. Jadi, don't worry untuk yang komen, kalian bakalan dapat linknya ko.






salam hangat,

Khusnul Khotimah
Mahasiswa Profesi Fisikawan Medis Universitas Indonesia Batch V

199 Komentar

  1. Ini komentar yang ke 3 ya mba, maasyaaAllah bermanfaat sekali. Terimakasih banyak mbaa. Ini email ku hehehe diahayuoo07@gmail.com

    BalasHapus
  2. Selamat ya mbak.... alhamdulillah memberi contoh yang baik buat kami untuk tidak patah semangat. Semoga selalu dilancarkan kedepannya.
    Mbak mau dong materinya hehe ini emailku naviatununnimah@gmail.com

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, saya terharu bacanya mbak. Oiya mbak minta materinya nggeh. Semoga dimudahkan segala urusan sampean. Aamiin. Niki email kulo mbak
    ummah.khoiriyatul@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah yang sedikit ini kalau bermanfaat ya, hehe


      Oke dek..
      Ditunggu saja ya di email-nya.

      Hapus
  4. Maaf mbak itu kok bisa kekirim banyak knapa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya dek..email mu gak kedetect nih.
      Sepertinya salah nulis ya kamu? 🤔

      Hapus
  5. Alhamdulillah selamat ya mbak, semoga di lancarkan untuk kedepannya, boleh minta materinya mba hehe emailku : wtyas4501@gmail.com

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, selamat mbak🙏 kemarin waktu lihat pengumuman batch V sempet penasaran ada mahasiswa unair yg lolos. Alhamdulillah mbak mau berbagi pengalaman, setidaknya supaya ada semangat buat adek-adek tingkatnya mbak buat lanjut diklat profesi. Semoga bermanfaat ilmunya mbak🙏
    Mbak jika boleh minta materinya, ini email saya kameliadjswd@gmail.com
    Terima kasih banyak mbak, semoga ilmunya berkah Aamiin🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua tak ada yang tak mungkin jikalau kita mau berjuang ko--

      Oke..aku kirimkan abis ini

      Hapus
  7. MasyaAllah mbak khusnul ikut seneng udah lolos batch V. Sangat memotivasi untuk ikut diklat profesi. Terimakasih sudah mau berbagi ilmu dan pengalaman mbak. Kalo boleh, aku minta materinya mbak. Ini emailku silminurizzah@rocketmail.com. terimakasih banyak 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya kirim, mohon maaf baru dikirim.
      karena bbrp bulan hiatus di blog hehe

      Hapus
  8. Sebelumnya terima kasih sudah bersedia membagi pengalamannya kak. Mohon izin ini email sya kak. Wandijanwar@gmail.com

    BalasHapus
  9. padahal sudah berkali- kali bacanya mbak, tapi setiap baca tentang perjuangannya selalu penuh haru dan deg degan terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tulisanku memberikan "suntikan" semangat juga ya :))

      Hapus
  10. mbak izin meminta materi nggih ernisinta99@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bales ya dek, jarang buka blog buat ngecek notifikasi hehe.. siap abis ini aku kirim

      Hapus
  11. wah selamat mbak, ikut seneng bacanya, semoga di lancarkan untuk kedepannya nggih mbak. Kalo boleh, aku minta materinya mbak. Ini emailku novirariski12@gmail.com. terimakasih banyak nggih mbak 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru ngecek notifikasi di blog ya,.
      Siap.. abis ini aku kirim

      Hapus
  12. Alhamdulillah selamat ya mba, sangat memotivasi sekali tulisannya. Kalo boleh aku mau minta materinya mba. Ini emailku bagasrahman66@gmail.com
    Terimakasih, sukses terus kedepannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat untuk kamu juga ya. Abis ini datanya saya kirim, --

      Hapus
  13. Alhamdulillah selamat kak, doakan saya ya kak semoga lulus dan Istiqomah. saya mahasiswa fisika 2019, saat ini masih semester 3. tulisan kakak sangat menginspirasi saya, yg mana saya sedang berada di fase bimbang untuk tetap melanjutkan keinginan menjadi fisikawan medis atau tidak. sangat sulit mendapatkan informasi serta pengalaman senior di ruang lingkup fisika medis. saya harap kakak mau membagikan sedikit dari materi yg kakak miliki
    galuhutamia@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan patah semangat ya, kalau butuh informasi atau sharing² dikit bisa sapa di akun ig saya dg id yg sama : @khotimahk87

      setelah ini filenya saya kirim ya..
      keep spirit !

      Hapus
  14. Pertama2 aku ucapin selamat buat Kakak. Dan terima kasih sudah membuat artikel ini. Saya berencana untuk menjadi fisikawan medik klinis dan tahun depan akan mengikuti tes diklat fisikawan medik juga. Apabila berkenan, saya minta tolong softfile materi belajar Kakak untuk dikirim ke email saya fafa.fauzan4@gmail.com

    Terima kasih banyak, Kak~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ya.. untuk pendaftaran profesi Fisikawan Medis ke depannya untuk lulusan S1 di Universitas Diponegoro ya, entah sudah ada kabar resminya atau tidak, saya hanya mendapat kabar dari pengajar di kelas yang berkata demikian.

      abis ini, datanya saya kirim ya,
      Tapi, setiap kampus memiliki kebijakan masing2 perihal pendaftarannya, oleh karenanya tetap simak kabar²/pengumuman resminya ya nanti.

      Hapus
  15. Mbak izin meminta materi nya, ini alamat email saya mbak fransischa.ramona@gmail.com, terima kasih sebelumnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik mohon ditunggu ya, semoga yang sedikit bisa membantu untuk belajar.

      Hapus
  16. Sangat menginspirasi, jika bekenan mohon izin untuk dikirim ya mbak.. hidayatfauziah70@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik mohon ditunggu ya, semoga yang sedikit bisa membantu untuk belajar

      Hapus
  17. semangat Mbak, semoga segera selesai, tetap semangat meskipun dikondisi pandemi. izin dikirimi materinya juga dong mbak hehe, ulilalba6@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik mohon ditunggu ya, semoga yang sedikit bisa membantu untuk belajar

      Hapus
  18. assalamualaikum, klo boleh minta materinya mbak, izin dikirimkan yah hehe di email raratiara00@yahoo.com. makasih 😇

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum mba, masyaAllah jadi dapet semangat buat belajar krn sudah memimpikan bisa jadi fismed huhu, kalo boleh mohon izin untuk minta materinya mba hehe di email afinaseptiani1@gmail.com. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalaam..tetep semangat ya.
      baik, abis ini saya kirim materinya via email ya

      Hapus
  20. Assalamu'alaikum mbak. Terima kasih sudah berusaha dan menuliskan kisahnya. Saya bersyukur mendapatkan tulisan yang mbak sebut sebagai curhatan ini hehe. Curhatan yang menambah motivasi saya yang ingin juga mengambil diklat profesi. Sebelumnya salam kenal ya mbak, saya mahasiswa fisika asal Makassar. Atas rencana-rencana ke depannya, saya ingin meminta izin untuk mempelajari materi dari mbak. Semoga mbak berkenan. Ini email saya mbak nelysriyulvyna@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya, wasalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalaam adek..
      wah, tulisan receh saya memuat motivasi ya? wah berlebihan deh sptnya hehe.

      baik, syaa kirim file materinya abis ini ya

      Hapus
  21. Assalamualaikum mba. Saya Ismi lulusan UB 2020. Terimakasih ya mba sudah membagikan pengalamannya. Saya berniat untuk ikut tes diklat tsb juga mba hehe
    Jika mba berkenan bisa minta tolong ya mba share materinya hehe
    email : ilismim29@gmail.com

    Terimakasih banyak mbak.
    Semoga sehat selaluu sekeluarga. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalaam..
      Semangat buat tes yg kurang sebulanan ini.

      baik, abis ini akan saya kirim

      Hapus
  22. mb minta tolong share ya , semoga diberi kesehatan dan kelancaran, aaminn
    agusbashori086@gmail.com

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum mbak saya satria lulusan 2020, sebelumnya selamat dan terima kasih mbak telah berbagi pengalaman tentang diklat profesi medis, kapan² kalau ada waktu luang bisa di ceritakan tentang pengalamannya mbak selama masa diklat, hehehehe.

    Jika mbak berkenan saya mintak izin untuk mintak soal² yang mbak kumpulkan ke satiyadharma14@gmail.com , sebagai bahan saya untuk ikut ujian diklat batch selanjutnya. Terima kasih mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalaam Satria, salam kenal. Memang ingin aku tuliskan juga kok perihal pengalaman diklat profesi & diklat ppr medik 2, hanya saja belum sempat (atau tidak menyempatkan ya, hehe). Sekalian saja, semua Inshaa Allah akan aku tulis ketika aku sudah beres kuliah profesi (klinis juga) + sumpah profesi + pengurusan STR, wah PR nya banyak ya nanti buat aku :))

      Baik, aku kirim abis ini ya

      Hapus
  24. Salam kenal mba, sangat menginspirasi, kalau berkenan mohon bisa berbagi materi untuk ujian diklat fismed mba, sy juga berharap banget bisa mengikuti jejak mba khotimah
    Kalau berkenan bisa di email ke luqsianaliza@gmail.com

    BalasHapus
  25. assalamualaikum ka, super sekali tulisan kaka bikin, semoga terus menginspirasi dan terus memberikan pesan positip buat kita semuaaaa, aamiin..
    apa boleh kaka berbagi materi dengan saya? jikalau boleh, kaka bisa kirim ke email saya
    winaikeu18@gmail.com
    terimaksih sebelum nya kaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalaam.
      Sebentar saya kirim ya abis ini

      Hapus
  26. assalamualaikum ka, super sekali tulisan kaka bikin, semoga terus menginspirasi dan terus memberikan pesan positip buat kita semuaaaa, aamiin..
    apa boleh kaka berbagi materi dengan saya? jikalau boleh, kaka bisa kirim ke email saya
    winaikeu18@gmail.com
    terimaksih sebelum nya kaaa

    BalasHapus
  27. Mba saya minta materinya yaa saya juga ingin berusaha buat masuk doain semoga bisa yaa. Ini email saya mba
    adityawulandari230@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, abis ini saya kirim ya.

      semangat buat tesnya

      Hapus
  28. Assalamu'alaikum kak sangat menginspirasi yaa ceritanya hehe kalau tidak keberatan izinkan saya untuk menambah ilmu dari catatan yang kakak punya yaa, karena saya berniat untuk meneruskan untuk mengambil profesi fisika medis.. Ini email saya diana.km04@gmail.com
    Jazakillahu Khairan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalaam, sebentar abis ini saya kirim ya.

      Semangat untuk tesnya ya :))

      Hapus
  29. Assalamu’alaikum kak, salam kenal yaa kak nama aku Putri mahasiswi fisika medis yg setelah lulus berencana untuk melanjutkan mengambil profesi fisika medis ... cerita kakak benar2 menginspirasi aku sekali ... jika diperkenankan aku meminta izin untuk minta materi2 yg kaka miliki ... berikut email saya, putrieeka33@gmail.com ... terima kasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalaam, baik abis ini saya kirim ya.

      Semangat buat tes nya ya

      Hapus
  30. Hallo kak, cerita kakak sangat menginspirasi sekali. Saya juga berniat ingin melanjutkan profesi fisika medis tp masih galau antara iya dan tidak 😂. Jika diperkenankan ijinkan saya untuk menambah ilmu dari catatan yg kakak punya ..
    Ini email saya kak
    arkanarei98@gmail.com

    Terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dapat petuah dari Pak Dosen penguji skripsiku di kampus, "dengan kamu mencoba tes berarti kamu mengubah probabilitas keberhasilanmu 50:50, gagal : berhasil..Kalau kamu ga mencoba sama sekali ya udah, kamu akan tetap 0:100, 0 untuk keberhasilanmu dan 100 untuk kegagalanmu. Setidaknya dengan mencoba kamu menambah tingkat keberhasilanmu dan memperkecil peluang gagalmu".

      Baik abis ini saya kirim ya

      Hapus
  31. Mbak Aku mau materinyaa dong mbak. Boleh kirim ke Email ku gak mbak? agilkristanto1@gmail.com

    BalasHapus
  32. Makasih banyak ka buat sharing nya, keren banget ceritanya. Aku minta soal2 nya dong ka firdauswildan12@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. surely, sebentar ya abis ini saya kirim by email.

      Semangat

      Hapus
  33. Wah sangat menginspirasi sekali mba dan juga bisa memberi saya pandangan yg masih blm terlalu faham tentang str.
    Mba saya minta materi nggih alvinanurfatimah2@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjalanan mendapat STR masih panjang. Tapi step awal yang harus dilalui adl lulus tes dulu + kuliah + lulus profesi...baru bisa ngurus STR

      semangat.
      Abis ini aku kirim ya,

      Hapus
  34. Assalamualaikum mbak. terima kasih karena sudah sharing pengalaman dan saran-sarannya. saya ingin minta materi dari mbak jika dibolehkan. alamat email saya nanadinuhaa@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalaam ..
      Alhamdulillah jika tulisan saya bermanfaat.

      Surely, abis ini saya kirim ya.

      Hapus
  35. Terimakasih banyak untuk ceritanya, menginspirasi. Ternyata dari etos juga ya hehe Boleh dong bagi-bagi materinya. Zamakhsari Alhamid dari etos semarang 2012 Seangkatan sama Pandu dan Youshida.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..ketemu sesama alumni etos ternyata hehe.

      Siap kak, abis ini saya kirim file materi belajar saya ya.

      Hapus
  36. terimakasih untuk ceritanya saya septi dari Malang, bisa minta tolong untuk dikirim materinya mbak karna mau tes jg hehe makasih @septivera88@gmail.com

    BalasHapus
  37. Assalamualaikun mbak
    Wahh alhamdulillah sekali ya mbak, terharu baca perjuangan mbak.

    salam kenal saya mahasiswa tingkat akhir fisika.

    Jika mbak tidak keberatan boleh meminta tolong sharing ilmu materi serta contoh soalnya mbak, email saya revita7399@gmail.com

    Terima kasih banyak mbak
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalaam, Alhamdulillah jika tulisan saya bermanfaat untuk yang lain.

      Baik, sebentar abis ini saya kirim

      Hapus
  38. Assalamualaikum mbak..
    saya boleh ikutan untuk di share materi soal2nya..
    terima kasih banyak ya mba..
    siscasylv@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalaam,

      baik, abis ini aku kirim ya

      Hapus
  39. Terima kasih banyak kak atas sharing pengalamannya.. wahh saya jadi deg degan haha.
    Jika kakak mengizinkan, boleh tolong bagi materi dan contoh soal yang kakak punya?
    ini email saya ya kak emargaret24@gmail.com

    BalasHapus
  40. Terima kasih telah berbagi pengalaman dan strategi nya.
    Bisa di tolong di share ke bayoeoneng@gmail.com

    BalasHapus
  41. wahh keren banget sharing nya kaa, makasih banyak udah sharing.
    in shaa allah aku lulus maret 2021 ini, dan ada rencana mau ikut profesi fisika medis juga.
    boleh kirimin materinya juga ga kaa ke aku, donni.sipa@mhs.unsoed.ac.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapp... semangat tugas akhirnya ya.

      Abis ini saya kirim

      Hapus
  42. Selamat sudah diterima kak!!! Aku ijin minta softfile materinya ya kak, ini email aku irnajelitaes@gmail.com

    BalasHapus
  43. Selamat sudah diterima kak
    Izin minta softfile materinya ya kak
    Ini email saya mufida51101@gmail.com
    Terimakasih kak

    BalasHapus
  44. Congrats ka, luar biasa banget sih. Doain bisa nyusul yak wkwk
    Izin minta softfile materi ya ka, esterputri0912@gmail.com
    Terima kasih..

    BalasHapus
  45. hallo mbak, saya baru nemu tulisan ini.

    sumpah memberikan pengaruh positif bgt (motivasi dan gambarannya) terkhusus bagi orang-orang yg sedang mencari informasi terkait profesi fismed.

    kalau boleh, saya juga ingin minta softfile materi belajarnya mba dong hehe :) ini email saya royanirona@gmail.com

    Terimakasih yaa 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika curhatan saya ini bermanfaat untuk khalayak, hehe.

      Oke abis ini saya kirim ya

      Hapus
  46. Terimaksih mbak sangat menginspirasi pengalamannya, semoga sukses terus ya kedepannya...

    saja juga ingin softfile pembelajarannya juga kaka, ini email saya rili.rizki@gmail.com

    terimakasih

    BalasHapus
  47. Terimaksih ya kak sangat menginspirasi pengalamannya, semoga sukses terus ya kak kedepannya...

    saja juga mau softfile pembelajarannya juga kaka, ini email saya ya kak suryanadeva2504@gmail.com. terimakasih banyak kak

    BalasHapus
  48. Terimakasih mba sudah berbagi pengalamannya, kebetulan saya juga sedang mengambil peminatan fisika medis, jikalau mba mengizinkan, saya ingin meminta softfile materinya. ini email saya restynur16@gmail.com

    terimakasih banyak mba

    BalasHapus
  49. kak mau softfile materinya dong kak. agilkristanto1@gmail.com

    BalasHapus
  50. curhatan kakak menginspirasi pokoknya jadi makin semangat, btw aku masih semester 6 sih kak tapi pengen softfile materinya kak buat persiapan hehe ini emailku kak iihzattul@gmail.com
    makasii banyak kak<3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, tetep semangat ya.
      Abis ini saya kirim linknya di email ya

      Hapus
  51. Subhanallah, mbak. Cerita perjalanannya mengharukan banget, sampe aku bacanya menggebu-gebu, karena memang se ingin itu jadi fisikawan medik, huhuhu. Kalau boleh, saya ingin minta semua bahan materi yang mbak jadikan rujukan selama persiapan tes. E-maio saya xiipa2.tsania@gmail.com. sekali lagi makasih banyak ya mbak atas motivasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat yakkk, selalu ada jalan untuk orang² yang ingin mencobanya--

      Wait abis ini aku kirim link materi yg aku kumpulkan sendiri.

      Hapus
  52. Hue kak.... baru nemu blog kakak, selamat ya kak, sukses selalu. Semoga aku bisa kayak kakak aamiin. Kalo boleh aku minta materi nya kak, email ku pingkydewi78@gmail.com
    Makasih kak

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum kak khotimah 🙏🙏
    Perkenalkan, nama saya suliyaningrum ayu lestari mahasiswa fisika medis angkatan 2017 unair juga adik tingkat kakak.
    Sedikit cerita nih kak, ditahun ini saya ada di semester akhir dan masih bergelut dengan skripsi .. tapi ada beban di fikiran saya "setelah lulus mau ngapain?"
    Hanya ini saja yang terus terusan membuat hati dan fikiran saya sedih, beberapa teman sudah saya tanyai perihal pertanyaan ini, dan semuanya menjawab juga galau jika diberi pertanyaan ini .. kebanyakan menjawab ingin mengikuti diklat kalau tidak diterima ya melamar pekerjaan
    Lalu ada pertanyaan bagaimana mendapat pekerjaan, softskill aja ngga punya hehehee ..
    lalu saya mencoba mencari cari informasi mengenai diklat dan tidak sengaja bertemu blog kakak :)
    Horor sekali saat membacanya saat kakak bilang belajar matkul yang terbilang susah yakni fisika inti, hmmm ini adalah matkul yang membuat pikiran saya kacau .. dan saya tegang saat membaca perihal kelolosan kakak .. dalam pikiranku ahh pasti aku gak lolos kalo ikut tes ini secara pikiranku pas pas an
    Tapi kapan lagi aku berusaha kalo ngga sekarang ..
    Dan di akhir blog kakak bersedia memberi materi softfile yang pernah kakak pelajari, waahhh saya fikir ini kesempatan saya ..
    Mohon bimbingannya kak 🙏🙏 🥺 saya ingin diberikan kesempatan untuk belajar materi yang pernah dipelajari oleh fisikawan medis .. saya sangat berterimakasih pada kak khotimah, dan semoga ilmu yang diperoleh kakak bermanfaat aaaaammmiiiinnn
    Ini email saya kak suliyaningrumayulestari959@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya balasa ya email kamu.

      Semoga membantu

      Hapus
  54. hai kakkk, terima kasih banyak ceritanya sangat memotivasi.. semoga aku bisa kaya kakak hehe.. kalo boleh aku minta materinya juga kak emanuellaputrikusuma15@gmail.com ,, terima kasih banyak kak

    BalasHapus
  55. Wah keren banget mba. Sangat memotivasii. Jujur aja saya masih semester 6 tapi juga udah mikir tentang diklat dan ujiannya yang agak horor seperti tadi mba bilang hehe. Mba aku boleh minta softfilenya juga? Ini emailku nabilahutrujjah@gmail.com. Terimakasih banyak mba sebelumnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa, persiapan lebih awal itu justru lebih bagus. Wait abis ini aku kirim ya,

      semangat

      Hapus
  56. Selamat mba, Semoga saya bisa lolos untuk batch selanjutnya kaya mba hehehehe aamiin..

    Boleh saya minta materinya mbak?
    Triwulandari008@gmail.
    Terimaksih seelumnyaa salam hangat��

    BalasHapus
  57. Assalamualaikum kak. Keren!. Terimakasih telah memberi lecutan semangat anak-anak fisika yang ingin jadi fisikawan medik.
    Izin minta materinya kak ☺️.
    aziztoyib75@gmail.com
    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  58. Baik, abis ini saya kirim.

    Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  59. Assalamu'alaikum kak, MasyaaAllah selamat ya kak, baca tulisan ini dapet banget energi positifnya, nular banget semangatnya
    Izin meminta materinya ya kak ^^
    fikrinaazzah0@gmail.com

    BalasHapus
  60. Halo kak khusnul kenalin saya Rosa dari Lampung, tulisannya sangat menginspirasi sekali dan sangat bermanfaat untuk saya. Sukses selalu untuk kak khusnul dan selamat atas sumpah fismed ny kemarin (liat di ig story) 😁. Awal saya tau kak khusnul dari twitter terkait twittan fismed di (HRDbct) kalo kakak msh inget, trus sya follow ig kakak dan baca blog ini. Sangat menginspirasi sekali kak, sukses selalu kak khusnul. Ini email saya ya kak (rosamelinda14@gmail.com) terima kasih kak 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. weh iya kah?? dari twitter ketemu ke blog juga ternyata..

      baik abis ini aku kirim ya.
      Semoga bermanfaat

      Hapus
  61. Hallooo kak hwaaa menegangkan sekali bacanya, btw aku mahasiswa unair kak masih semester 4 sih tapi udah pengen banget mulai belajar dari sekarang, boleh minta soal-soal latihannya ga kak? Semoga bisa jadi fisikawan medik seperti kakak yaa aamiin.. sukses selalu kak..

    dmtkrrn@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo adek Tingkat? Bagaimana..sudah ketemu sama Pak Feb belum? hahaha

      oke dekz abis ini aku kirim via email ya linknya.
      Semoga bermanfaat

      Hapus
  62. Assalamu'alaikum.. MaasyaaAllah kisahnya sangat menginspirasi mbk :) Semoga sukses selalu yaa mbk..

    Sy boleh minta file materinya mbk ?
    Email saya: intanhoooo@gmail.com

    Terimakasih banyak mbk 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalaam...baik abis ini saya kirim ya.

      Smoga bermanfaat

      Hapus
  63. Waa makasi banyak kak buat info infonya🖤 aku mahasiswa tahun ketiga yang lagi galau galaunya banget:’’
    Kalo boleh aku mau minta materinya hehe
    Email: asyivarizqi666@gmail.com

    Makasi banyak kak🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan galau, kuliah di fisika udah cukup menguras tenaga :""

      Baik abis ini saya kirim ya,
      semoga dapat meguraikan rasa galaunya

      Hapus
  64. deek aku mau ya. Email :erlin.nasocha@gmail.com

    BalasHapus
  65. Halo mbak terimakasih sudah membagikan pengalamannya :) . Saya ingin bertanya, apakah ada syarat nilai matkul/IPK untuk dapat ikut tes diklat ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau syarat nilai matkul dan IPK minimal tidak ada, karena untuk mengikuti perkuliahan profesi Fisikawan Medik akan diseleksi, jadi yang menentukan masuk/tidak nya ya nilai ujian tes. Mengingat perkuliahan diklat Fisikawan Medik di Universitas Indonesia sudah tidak ada lagi, digantikan dengan Pendidikan Profesi Fisikawan Medik yang rencananya akan diselenggarakan di Universitas Diponegoro (enggak tahu kapan dibuka, ditunggu saja), tentulah syarat administrasinya bisa saja berbeda. Jadi keep stay tuned saja ya

      Hapus
  66. Halo kak salam kenal yaa. Sebenernya udah lama baca blognya tapi ternyata komenku yang lama tak terkirim. Menginspirasi banget ceritanya kak, rencananya aku mau daftar diklat profesi kak kalau nanti ada pembukaan yang dari Undip. Aku mau ya kak materi belajarnya. Emailku yuliherawati96@gmail.com. Terimakasih kak sukses selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, ...

      kemungkinan UNDIP akan buka pendidikan profesi bukan diklat profesi lagi. Keep stay tuned aja ya,

      Baik abis ini, aku kirim ya.

      Hapus
    2. Terimakasih banyak kak sudah saya terima emailnya :)

      Hapus
  67. halo kak, makasih atas sharingnya jadi saya bisa punya bayangan bagaimana nanti persiapan kalau mau lanjut diklat atau sekolah profesi untuk fisika medis. kalau boleh apa saya boleh minta file materinya dan contoh soalnya kak. email saya orange173137@gmail.com. terimakasih...

    BalasHapus
  68. Hallo kak salam kenal, terimakasih untuk ceritanya sangat memberi gambaran dan memotivasi. Di blog kakak lengkap diceritakan dari proses awal ikut seleksi jatuh bangun kakak sampai akhirnya bisa lulus seleksi. Kalau kakak berkenan apa boleh saya minta materi pembelajaran dan contoh soalnya. Ini email saya lestariwindi977@gmai.com . Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik windi, abis ini saya kirim ya. Semoga bermanfaat.

      tetep semangat ya,

      Hapus
  69. Halo kak aku ryan, aku adek tingkat kakak loh di unair. Aku masih tingkat 4 di unair tapi aku udah ngerasa ketakutan untuk tes diklat tersebut, ditambah dengan persaingannya aku jadi ngerasa selalu kurang. Aku berharapnya kakak bisa mengajari aku langsung sih kalo kakak ada waktu, nanti bisa dibicarakan lagi di email ya kak. Btw aku boleh minta materi belajar kakak ta? Alamat email aku ini ryanbagus012@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal..

      Semangat ya.
      abis ini saya kirim ya

      Hapus
  70. Halo ka, boleh minta materi belajar nya ya hehe makasih banyak kaa sudah mau berbagi pengalamannya, sangat membantu buat saya yang masih awam sekali hehe semoga selalu dimudahkan jalannya untuk kakak��email saya auliaizzaw@gmail.com ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo..

      Baik, abis ini aku kirim ya.
      Semangat

      Hapus
  71. Hallo kak, boleh nggak aku minta materinya buat belajar. ini emailku adityawulandari034@gmail.com

    BalasHapus
  72. Halo mba Khusnul, nama saya Aziel, fisika medis undip lulusan 2016. Mba, minta dong latihan soalnya.. Saya rencana mau ikut test kalau tahun ini diadakan. Trimakasih
    Ini email saya azielnimrod@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Aziel, abi ini saya kirim ya. .

      Semoga membantu,

      Hapus
  73. Masya Allah bakarakallah kak , keren banget . Semoga aku bisa nyusul kakak segera sebagai fisikawan medis . Aamiin Ya Allah . Mohon doanya kak :)
    Oiya kakak beastudi etos ? Aku juga kak , salam kenal ya kak

    Mohon bimbingannya kak ini email aku
    liaoktafiani8@gmail.com
    Makasih banyak kak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..ketemu penerima manfaat Beastudi Etos (lagi) di sini ,, halo salam kenal ya.

      Abis ini aku kirim ya, ditunggu ya.

      Hapus
  74. Halo, kak!
    Aku jadi punya gambaran lebih mengenai profesi Fisikawan Medis. Oiya, kak. Apakah saya boleh mendapatkan softfilenya?
    Berikut saya cantumkan email saya : adnizakiyatul@gmail.com
    Terimakasih kak! ✨🥺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo.. soft file yang aku kumpulin boleh dipake belaja buat siapapun ko,.. abis ini aku kirim ya.

      Semangat

      Hapus
  75. Hallo kak salam kenal,
    Aku boleh minta soft filenya kak buat belajar?
    Email aku artianarisza@gmail.com
    Terimakasih banyak kak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii, salam kenal Riris.

      Bentar, abis ini saya kirim ya, ditunggu.

      Semangat

      Hapus
  76. Masyaallah mbak terharu dengan perjuangannya. Bismillah semoga rejeki juga di aku mbak. Insyaallah ingin mengambil keprofesian medis tahun depan. Jika mbak berkenan, apakah saya boleh meminta referensi file ebooknya mbak?. Jika iya, ini alamat email saya: kurniyaretno@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Retno... abis ini aku kirim ya, ditunggu.

      Semangat ya,

      Hapus
  77. Assalamualaikum, kak. Salam kenal ya, namaku Putri. Kak, aku mau dong materinya, ini email aku ya putridkd11@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalaam Putri..
      Bentar ya abis ini akh kirim,

      ditunggu ya

      Hapus
  78. assalamualaikum, kak. salam kenal kak, namaku keke. aku mau materinya dong kak hehe, ini emailku kak eunikeayusari@gmail.com. terima kasih sebelumya, kak.

    BalasHapus
  79. Wah, masyaAllah insyaAllah bermanfaat bgt mbak😊..
    Aku jg mau dong materinya ini emailnya ya mbak, punten 🙏😊desiptr567@gmail.com

    BalasHapus
  80. hallo kak, terima kasih telah membagi pengalamannya. aku boleh minta materi dan latihan soalnya mbak, terima kasih🙏🏿
    nisfidwif@gmail.com

    BalasHapus
  81. hallo kak, terima kasih telah membagi pengalamannya. aku boleh minta materi dan latihan soalnya mbak, terima kasih🙏🏿
    nisfidwif@gmail.com

    BalasHapus
  82. Halo kaa,, semester 5 besok saya mau ambil peminatan fisika medis kaa, boleeh mintaa file belajarnya kaak? Ini email sayaa bilbulz.2000@gmail.com. terimakasih banyak kaaa, ceritanya memotivasi bangettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo..
      baik, abis ini saya kirim ya file materinya

      Semangat

      Hapus
  83. Halo kak terimakasih udah bagi pengalamannya, kalau berkenan saya boleh minta materi belajar dan soal soalnya kak? Ke email saya dsnraini1299@gmail.com, saya sendiri mahasiswa akhir yang udah ambil fisika medis dan ingin lanjut keprofesian kak, terimakasih banyak kak��

    BalasHapus
  84. Hai kak, terima kasih curhatanya, kalo menurut saya sih curhatannya sangat berfaedah kok mbaa hehe. dewiriskiana041@gmail.com itu alamat email saya mba. Semoga sukses selalu mba:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik dek.. ditunggu ya..Abis ini saya kirim linknya

      Hapus
  85. Terima kasih udah berbagi pengalamannya, mbak. Kalau boleh saya minta materi yang mbak pelajari, dong hehe. Ini email saya itsmerosad@gmail.com
    Terima kasih banyak, mbaak. Sukses selaluuu����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo.. ditunggu ya,.abis ini aku kirim linknya.

      Hapus
  86. Halo kak.. ceritanya sangat menginspirasi. Akhirnya nemuin cerita pengalaman fisika medis yang super minim di google, terimakasih banyak udah mau berbagi pengalamannya.
    Saya mahasiswa semester 5 yang rencananya mau lanjut fisika medis juga, kalau berkenan boleh minta materi dan soal - soalnya kak? email saya ummur.ra@gmail.com
    Terimakasii banyak kaa, sukses selaluu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo.. wah masih smt 5, tapi semangat belajarnya dah muncul aja. Mangat ya..

      wait, aku kirim ya abis ini

      Hapus
  87. Terimaksih Kak sangat menginspirasi pengalamannya.

    Kalau boleh, saya juga mau materi belajarnya Kak, ini email saya:
    mkfisika@gmail.com

    Terima kasih Kak

    BalasHapus
  88. Halo kak, maasyaa allah sangat menginspirasi sekali cerita pengalamannya kak, kalau boleh saya juga pengen materinya kak untuk dipelajari, ini email saya : ffadilla996@gmail.com terima kasih banyak kak��

    BalasHapus
  89. Halo Kak, sangat menyentuh dan menginspirasi sekali ceritanya. Semoga bisa mengikuti jejak Kakaknya. Kalau boleh minta materinya, aku email ya Kak. Makasiiihhh. Semoga sehat selalu🥺🙏🏻

    BalasHapus
  90. Kak mau dong materinya, uuswa225@gmail.com

    BalasHapus
  91. MashaAllah, jadi terharu kak bacanya. Doakan semoga bisa segera menyusul, aamiin ya Rabbal Alamiin. Boleh minta materinya dong kak, email saya: aidatuzzahronur@gmail.com

    Terima kasih banyak kak ��

    BalasHapus
  92. Terima kasih banyak kak udah sharing pengalamannya yang sangat inspiratif. Saya boleh minta materinya kak? Email saya : novadwirizki62@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sure, mohon ditunggu ya. Abis ini aku kirim,

      Semangat ^°^

      Hapus
  93. Selamat malam kak, makasih banyak banget buat ceritaa soal pengalaman ini, aku kebetulan baru wisuda tahun ini, sayangnya kampusku belom terdaftar di AIPFMI, tapi aku mau banget persiapin materi tesnya dari sekarang siapa tau nanti undip buka buat umum/matrikulasinyaa �� soalnya kalau mengandalkan catetan kuliahku mengenai matkul-matkul yang ada takut kurang. Semoga aku bisa dapet soft filenya dari kakaaa, emailku argnesyberlianti@gmail.com . Sekali lagi terima kasih banyak kakk, sukses selalu kaak ��

    BalasHapus
  94. Selamat malam kak, makasih banyak sudah mau cerita mengenai pengalaman kaka ini sangat bermanfaat bagi kami adik adik yang sedang berjuang untuk mengikuti diklat, walaupun aku masih semester 7 tapi aku ingin mempersiapkannya sejak sekarang yang kebetulan juga kampusku ini bukan anggota AIPFMI ,agar pada saat nanti jika sudah pembukaan pendaftaran diklat aku sudah SIAP ,semoga kaka berkenan untuk membagikan soft file nya kepada ku , email aku agripaprima18@gmail.com, terima kasih banyak ka untuk sebelumnya �� semoga komen juga kaka lihat dan balas ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo.. semangat ya utk kampus yg bukan anggota AIPFMI, ditunggu saja kiranya nanti persyaratan untuk pendidikan profesi Fisikawan Medik seperti apa, karena pengumuman resminya juga belum dirilis oleh pihak penyelenggara.

      Siap, abis ini saya kirim link materinya. Tetep semangat ya !!!

      Hapus
  95. Assalamualaikum.wr.wb
    Salam kenal mba khotimah, saya yeni. Luar biasa sharing pengalamannyanya. Saya mau juga ya mba link materi belajarnya. Email saya yenipertiwi16@gmail.com
    Terimakasih mba

    BalasHapus
  96. Halo kak , terima kasih sudah membagikan pengalaman kak. Maaf boleh tau, apa bisa lulusan S1 Pendidikan Fisika, masuk S2 Fisika Medis ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkait persyaratan masing² kampus tentunya berbeda. Jadi, akan lebih baik dipastikan dulu terkait persyaratannya kepada kampus tempat kamu untuk mendaftar kuliah S2 Fisika Medis.

      Hapus
  97. Assalamualaikum kak. Makasih banyak sudah memceritakan pengalaman kakk selama proses persiapan untuk ujiannya. Saya juga mau materi" belajarnya dong kak. Email : rizkakurniawati35@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya kk

    BalasHapus
  98. Terimakasih banyak kak sudah membagikan ilmu dan pengalamannya terkait diklat profesi fisikawan medik. Saya berharap juga kakak berkenan untuk membagikan bahan belajarnya sebelum ujian masuk melalui email saya di rizkiwulan218@gmail.com. trimakasih banyak kak, sehat selalu

    BalasHapus
  99. Terima kasih banyak kak udah sharing pengalamannya yang sangat inspiratif. Saya boleh minta materinya kak? berikut email saya : rahmatputrapamunkas@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya kak

    BalasHapus
  100. Assalamualaikum kak, wah terimakasih ya kak sudah menceritakan pengalaman yang berharganya. Mohon ijin kak saya ingin meminta link materi juga kak untuk menjadi bahan tambahan untuk belajar juga kak :) Terimakasih sebelumnya kak :)
    Liskahandayani@gmail.com

    BalasHapus
  101. Halo kak, sangat menginspirasi sekali ceritanya, kalau boleh saya juga mau materinya ya kak : fadillasa18@gmail.com terima kasih kak

    BalasHapus
  102. MasyaAllah sangat inspiratif sekali mbak, kalau boleh saya minta materinya ya kak fhidayat454@gmail.com

    BalasHapus
  103. Halo kak, bolehkah saya minta materi nya ke alamat Gmail sy fitriaaprillahnardi@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya kk🙏🙏🙏

    BalasHapus
  104. Terimakasih banyak kak sudah membagikan ilmu terkait diklat profesi fisikawan medik. Saya berharap juga kakak berkenan untuk membagikan bahan belajarnya kak ke email cristineanggrainii@gmail.com
    Terimakasih banyak kak

    BalasHapus
  105. Assalmualaikum ka
    semoga jadi amal jariyah y ka, terima kasih sharingnya .
    kk saya mau dong soal2 dan materinya , linknya ga bisa diakses hhe

    ririnseptia11@gmail.com

    BalasHapus
  106. Terimakasih banyak kak sudah menceritakan kisah kakak untuk menjadi seorang fisikawan medik. Saya berharap juga kakak berkenan untuk membagikan bahan belajar dan latihan soal-soalnya ke email ajipangestu568@gmail.com

    BalasHapus
  107. Terima kasih banyak atas motivasi dan cerita kakak dalam proses menjadi fisikawan medis, semoga saya bisa menjadi seorang fisikawan medis juga seperti kaka. Semoga kakak berkenan membagikan materi yang kakak dapatkan di internet sebagai bahan belajar saya ke depannya, ini email saya kak widhaputriee@gmail.com


    Terima kasih banyak kak semoga kaka sehat selalu dan dilancarkan semua urusan dan pekerjaannya

    BalasHapus
  108. Terima kasih kak atas cerita pengalamannya.. saya jadi termotivasi untuk belajar lebih giat lagi untuk menjadi fisikawan medik. izin untuk meminta file materinya ya kak, terima kasih.
    email: nurulaulia231100@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar